5 Kiat Sebelum Membeli Buku

Kiat Sebelum Membeli Buku

1. Membaca Review Dari Para Pembaca Terlebih Dahulu

Saya pribadi, nggak pernah asal membeli buku. Karena ke toko buku jauh, dan harga buku mahal, saya nggak mau sia-sia. Jadi, sebelum berangakat, malamnya saya cek review di goodreads tentang buku yang mau saya beli. Atau cek di twitter tentang buku yang baru terbit. Atau minta rekomendasi teman mana buku yang bagus. Tujuannya jelas, biar nggak kecewa setelah beli. Memang, akan ada review lebay yang memuji berlebihan atau mengejek seenaknya. Tapi review seseorang jadikan referensi aja. Oh… Bukunya tentang itu… Oh tokohnya si anu… Oh minus plus bukunya gitu… Setelah itu beli deh. Baca, lalu review sendiri berdasarkan apa yang sudah kita baca.

Kunjungi juga Sudut Sekolah.

2. Buku Diskon

Sering banget kita kebablasan beli buku pas ada bazar atau diskon gila-gilaan. Kakak perempuan saya suka sekali memborong buku. Ketika ke tempat bazar, budget kakak yang hanya sekian rupiah, belanjaannya bisa menjadi lima kali lipat dari budget ketika bertemu buku-buku. Gila, kan! :)) Saya nggak punya solusi untuk kasus ini. Karena bazar adalah momen langka, jadi silakan jajan sebanyak mungkin, asal dibaca, bukan sekadar beli. Paling saran dari saya, sisihkan uang sejak sekarang untuk menyambut acara bazar buku. Biasanya bulan Maret ada bazar besar di Istora Senayan. Kalau saya, karena di Bogor, acara bazar buku rutin setiap tahun di Botani Square sekitar bulan April.

3. Kenali Sampul Bukunya

Buku yang berkualitas dapat juga Anda lihat dari sampul ataucover-nya. Sampul seharusnya mampu mencerminkan isi buku. Jadi, jika sampul bukunya saja sudah tidak menarik, asal-asalan, mudah rusak, bagaimana kita bisa yakin jika buku tersebut berkualitas? Buku yang baik seharusnya memilikicover yang memiliki desain menarik dan terbuat dari bahan yang kuat atau tidak gampang rusak.

4. Kenali Sinopsisnya

Sinopsis adalah ringkasan isi buku beserta kelebihan-kelebihannya. Biasanya isi sinopsis ini ditampilkan pada sampul belakang buku. Sebelum Anda memutuskan membeli sebuah buku, alangkah baiknya apabila Anda membaca sinopsis buku tersebut. Cara tersebut akan berguna untuk memastikan bahwa buku tersebut itu sesuai dengan kebutuhan Anda.

5. Kenali Daftar Isinya

Di samping sinopsis, Anda dapat mengetahui isi sebuah buku dengan melihat daftar isinya. Daftar isi merupakan poin-poin atau bab-bab yang terdapat di dalam buku tersebut. Biasanya, daftar isi terdapat pada halaman awal dalam sebuah buku. Sebuah buku yang baik seharusnya memiliki daftar isi yang mampu mencerminkan kandungan isi buku tersebut.

Oke, selesai sudah tips dari saya. Besok saya beri tahu lagi tips merawat buku yang sudah di beli ya. Terima kasih dan semoga bermanfaat.

Postingan Populer